Oase di Selatan Ibukota

Pintu masuk Setu Babakan

Photo By : Google

 

Suku asli Kota Jakarta adalah suku Betawi. Kata Betawi ini diambil dari kata Batavia yang merupakan nama lain dari Jakarta pada masa Hindia Belanda. Awalnya suku asli betawi berasal dari hasil perkawinan antaretnis dan bangsa pada masa lalu seperti Bugis, Hindu, Cina, Melayu, Arab, Belanda, hingga Portugis. Hal inilah yang menjadikan kebudayaan Betawi menjadi beragam dan menjadi ciri khas dan kelebihannya tersendiri. Yang menjadi pertanyaan selanjutnya ialah bagaimana caranya untuk menemui orang Betawi asli diantara warga pendatang baru yang ada di Jakarta. Caranya datang saja ke Setu Babakan.

Sisa sisa kejayaan budaya Betawi yang kini jarang bisa kita lihat, dapat kita jumpai di Danau setu  atau yang biasa disebut setu Bababakn. Danau atau waduk yang terletak di  Srengseng Sawah Jagakarsa ini didirikan oleh pemprov DKI Jakarta sebagai pusat kebudayaan Betawi.Tujuan awal dibangunnya agar kebudayaan asli Jakarta ini bisa tetap ada tidak tergerus oleh zaman dan dapat dinikmat generasi muda mendatang. sebagai tempat pelestarian dan pengembangan warisan budaya Betawi. Disini, Para wisatawan akan melihat berbagai macam jenis ciri khas kebudayaan Betawi  seperti bentuk bangunan rumah khas Betawi yang bercirikan yakni bentuk atap yang unik dan teras depan rumah yang luas.

Kemudian juga dalam setiap harinya diadakan pagelaran seni asli betawi seperti Qasidah, Marawis, Keroncong, Tanjidor, Lenong, Gambus, Tari Cokek, dan yang paling penting Ondel-ondel. Selain sebagai pusat kebudayaan Betawi, disana juga dijadikan tempat berekreasi bagi warga sekitar.  Taman disekitar danau ditanami dengan beragam pohon buah-buahan yaitu pisang, kelapa dan jambu biji. Setu Babakan merupakan salah satu hiburan murah yang tersisa ada di Jakarta.

 

Karena merupakan suatu setu atau danau, maka para wisatawan dapat berwisata air dengan menggunakan sepeda air. Lantas bagi Anda yang gemar memancing, setu ini pun bisa dimanfaatkan untuk kegiatan tersebut. Selain itu, Setu Babakan yang mempunyai luas 165 hektare ini juga menyediakan sarana alat trasnportasi tradisional berupa delman.

Berkunjung ke Setu Babakan ini alangkah menyenangkan jika disertai dengan anak-anak atau anggota keluarga yang lainnya.  Dengan segala fasilitas yang tersedia dan keindahan alam yang masih asri yang tidak dapat kita jumpai lagi di Jakarta akan membuat liburan anda semakin menyenangkan. Oleh karena itu Setu Babakan merupakan tempat yang sangat direkomendasikan bagi pembaca untuk menghabiskan masa liburannhya. >> [@gerygary/JD]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: